Teknologi

Apa itu Profil Aplikasi ZigBee?

Jika Anda akrab dengan ZigBee, Anda pasti pernah melihat gambar tumpukan dengan IEEE 802.15.4 di bagian bawah, ZigBee di tengah, dan aplikasi serta profil berpose di bagian atas. Artikel ini membahas bagian atas tumpukan, dan bagaimana profil ZigBee memudahkan Anda membuat aplikasi yang dapat dioperasikan sendiri.

ZigBee adalah standar terbuka, yang ideal untuk aplikasi yang memerlukan masa pakai baterai yang lama, harga murah, footprint kecil, dan koneksi jaringan untuk mendukung komunikasi antara sejumlah besar perangkat dalam lingkungan interoperable dan multi-media.

Salah satu cara untuk mencapai interoperabilitas adalah melalui profil aplikasi. Profil ini ditentukan oleh ZigBee Alliance, dan memberikan deskripsi perangkat yang didukung untuk aplikasi tertentu dengan skema pesan yang digunakan oleh perangkat tersebut untuk komunikasi – sebenarnya, mereka menentukan jenis, bentuk, dan karakteristik jaringan. .

Kepatuhan terhadap profil ini menjamin interoperabilitas vendor yang berbeda untuk ruang aplikasi yang sama.

Setiap profil aplikasi memenuhi kebutuhan pasar aplikasi tertentu. Profil saat ini tersedia atau dalam pengembangan untuk jenis aplikasi berikut:

  • Energi cerdas
  • Otomatisasi rumah
  • Aplikasi telekomunikasi
  • Otomatisasi bangunan komersial
  • Perawatan Pribadi Rumah dan Rumah Sakit

Titik akhir dan cluster

Perangkat didefinisikan oleh profil dan diimplementasikan sebagai objek aplikasi. Setiap objek aplikasi terhubung ke tumpukan ZigBee lainnya melalui titik akhir, yang merupakan komponen yang dapat dialamatkan dalam perangkat.

Misalnya, remote control dapat menetapkan titik akhir 6 untuk mengontrol pencahayaan di ruang utama, titik akhir 8 untuk mengelola sistem pemanas dan pendingin udara, dan titik akhir 12 untuk mengontrol sistem keamanan. Hal ini memungkinkan remote control untuk berkomunikasi secara independen dengan perangkat ini dan mengidentifikasi paket mana yang ditujukan untuk setiap aplikasi dan perangkat.

Komunikasi dilakukan dari titik akhir ke titik akhir melalui struktur data yang disebut cluster. Cluster berisi satu set atribut yang mewakili keadaan perangkat bersama dengan perintah yang memungkinkan komunikasi antara objek aplikasi. Setiap cluster diidentifikasi dengan ID unik.

Cluster yang digunakan dalam aplikasi tertentu didefinisikan dalam profil mereka. Misalnya, profil Otomasi Rumah berisi cluster yang didedikasikan untuk kontrol subsistem pencahayaan.

Setiap cluster memiliki dua ujung:

  • Klien / output meminta dan memanipulasi data.
  • Server / input memiliki sumber data.

Perpustakaan Cluster ZigBee (ZCL)

Semua profil aplikasi ZigBee ditentukan dengan cluster dari ZigBee Cluster Library.

Pustaka ini memungkinkan cluster umum untuk digunakan kembali di sejumlah area fungsional yang berbeda, misalnya, cluster pencahayaan yang sama dapat digunakan untuk aplikasi apa pun yang memerlukan kontrol pencahayaan, seperti otomatisasi rumah.

Cluster di ZCL diatur ke dalam sejumlah area fungsional yang berbeda, termasuk Lighting, HVAC (Heating, Ventilation, Air Conditioning), Measurement and Sensing, Safety and Security, dan General.

Setiap spesifikasi cluster di ZigBee Cluster Library mendefinisikan

  • atribut wajib dan opsional
  • perintah khusus cluster
  • deskripsi fungsional

Setiap spesifikasi perangkat dalam profil aplikasi ditentukan

  • penggunaan cluster wajib dan opsional
  • nilai parameter gratis di ZCL
  • deskripsi fungsional tambahan apa pun

Dasi

Pada tingkat tinggi, wajib adalah proses membangun hubungan antara dua perangkat yang dapat berkomunikasi dengan cara yang bermakna, misalnya, yang mengubah kontrol yang menyala. Setiap link mendukung profil aplikasi tertentu, dan setiap jenis pesan diwakili oleh cluster di profil tersebut.

Tautan dapat dibuat antara individu atau kelompok titik akhir, seperti lampu dan sakelar, yang memiliki kluster input dan output (dengan ID kluster yang sama). Perangkat ZigBee dapat memiliki hingga 240 titik akhir, sehingga setiap perangkat fisik dapat mendukung banyak pasangan.

Kesimpulan

Dengan menyediakan ZigBee Cluster Library dan profil aplikasi, ZigBee Alliance telah melakukan banyak kerja keras untuk Anda.

Jika Anda memerlukan perangkat untuk menjalankan fungsi tertentu atau menjalankan mode tertentu, Anda tidak perlu membuat sesuatu dari awal. Anda cukup mengimplementasikan cluster ZigBee yang ada untuk tujuan ini.

Kepatuhan terhadap profil aplikasi dan ZCL juga membantu mencapai sertifikasi ZigBee untuk memastikan interoperabilitas dengan perangkat ZigBee lainnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button